Kamis, 17 Desember 2015

5 Cara Ampuh Saat 'Gagal Move On' Sama Drama Korea


Pengalaman paling ‘dilematis dramatis bin najis’ bagi para pecinta drama Korea adalah disaat tiba-tiba ada satu judul drama yang bikin geregetan. Udah kita selesain nontonnya berminggu-minggu lalu, tapi masiiih aja kepikiran. Ujung-ujungnya bisa galau sendiri. Atau malah mewek seharian.
         
Disaat itulah, kecintaan lo pada drama sedang sangat diuji :’)
         
Lo sensi banget kalau ada orang yang ngomongin aktor di drama tersebut. Apalagi kalo  udah muter soundtrack nya, haduhh dunia serasa berat tanpanya yang hanya fantasi itu :’v
         
Gue sering merasakan hal ini. Bahkan hari ini, sisa-sisa wajah bang Healer masih membayangi setiap langkah :V Ah, tapi, untunglah gue gabung di komunitas grup yang seru banget di facebook. Disana gue ngeluh soal kegagalan gue dalam move on dari Seo Jung Hoo a.k.a Healer. Dan responnya sangat hangat sekali.
          Gomawo chingudeul :)
         
Nah, lewat postingan gue kali ini, gue ingin bersama-sama kalian, para Kdrama lovers, untuk belajar menjadi penggemar drama yang bijak. Dari survey yang telah gue lakukan dan percobaan-percobaan kecil *eakeak* inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi ‘GMO’ sama Drama Korea.

1. Cari Tahu Tentang Drama Yang Akan Ditonton Membuat Kita Bisa Mengantisipasi Badai Yang Mungkin Datang

Sedia payung sebelum hujan^^

Cara ini semakin wajib dilakukan jika lo adalah tipe penonton yang ‘nggak pilih-pilih’. Jadi, apapun judul drama yang lo copy ke hardisk atau yang menurut lo enak ditonton untuk saat ini, bakalan lo tonton. Nggak peduli apakah itu drama 10 tahun lalu atau seabad yang lalu. Yang penting Korea gitu lho :V

Ini akan membantu lo untuk menerka-nerka kualitas drama yang akan ditonton. Semakin bagus kualitasnya, tentunya resiko ‘badai obsesi’ datang juga semakin besar dong. Terus lo juga bisa tahu siapa pemerannya, dan juga stasiunnya apa. Buat yang udah profesional sebagai penggemar drama *macamgueinilhoeakeakeak:v* pasti udah tahu ciri khas drama tiap stasiun tuh kayak gimana. Misalnya, KBS2 itu unggul dalam drama sekolah, tvN unggul dalam drama comedy romance , dan sebagainya.

Nah, kalau drama yang lo tonton itu drama lama, pasti udah banyak orang komentar tentang kualitas drama itu. Tapi gue sarankan, jangan terlalu terpengaruh. Karena menurut gue kualitas drama Korea itu relatif, tergantung orang yang nontonnya. Misalkan drama A itu jelek banget soalnya banyak yang salah edit terus rating nya disana juga anjlok melulu. Tapi si AB bilang kalau drama itu bagus banget.

Iya bagus banget. Soalnya alurnya mencerminkan kehidupan yang ia jalani sekarang :p *peace*

Nah kalau sudah begitu, cara kedua dan seterusnya bisa lo persiapkan deh …


2. Gimana? Dramanya Cukup Bikin Hati Goyah? Maka Wajib Hukumnya Mempersiapkan Penetral Untuk Hati Kita

Nonton anime juga boleh~

Review sudah dibaca dan hasilnya positif drama tersebut T.O.P B.G.T. Udah jalan satu episode dan lo nggak bisa berhenti. Buru-buru lo searching film atau drama Korea yang akan lo tonton setelah drama teope begete itu selesai. Ini juga saran yang paling banyak dibilang sama chingu chingu di Facebook.

Tapi, hati-hati. Jangan memilih drama lanjutan yang genrenya serupa tapi tak sama dengan drama yang barusan lo tonton. Nanti malah jatohnya gagal move on lagi :b. Saran gue, pilih drama lanjutan yang konfliknya ringan, tapi tetep keren. Biasanya gue pake drama dari tvN (walau kadang drama sebelumnya yang gw tonton juga tvN :v). Makanya sampai saat ini tvN jadi stasiun tv Korea nomor satu di hati <3 Soalnya selalu mengobati luka hati uweeee :”V



3. Jangan Terlalu Niat Banget Buat Nonton Drama, Lakukan Seperti Biasa Aja..
Kehidupan keras menanti di luar sana ...
Kalau biasanya sebelum nonton drama di kamar atau di ruang tamu yang lo lakukan adalah bersih-bersih ruangan biar nyaman atau bikin mie instan, yasudah, lakukan saja itu. Jangan mentang-mentang dramanya bagus banget lo terus ‘menaik levelkan’ persiapan nonton drama. Mungkin sah-sah aja kalau yang dinaik levelkan itu makanan pengiringnya. Seperti, kalau selama ini sambil nonton drama makan kacang tanah, sekarang diganti kacang air. Gitu.

Tapi kalo perubahan itu menjurus ke hal-hal absurd seperti nyuruh orang rumah biar nggak ngeganggu atau nunda kerjaan demi harus bisa nonton sampai episode 10 misalnya, itu salah banget. Hei, itu justru makin ngebuat lo susah lupa, dan rasa kosong di hati semakin terasa, setelah drama itu berakhir.

Justru dengan beberapa gangguan di tengah nonton drama, kita jadi sadar bahwa kita ini sedang menonton, bukan sedang menjalani. Bahwa kita masih ada di dunia nyata yang keras ini, hiks :”



4. Simpan Foto Aktornya Yang BTS Atau Yang Nyata Aja Dulu ..

[Behind The Scene] Kalau kek gini nggak terlalu ngefly kaannn? :p


Nah, biasanya kalau udah sayang banget sama dramanya, selain nge-download soundtrack, kita juga unduh foto-foto yang berhubungan dengan drama itu terus dijadiin wallpaper atau bahkan garskin :V

Sebaiknya jangan unduh foto yang merupakan potongan adegan dalam drama. Apalagi kalau fotonya dari tumblr atau pinterest yang udah diedit-edit cantik gitu. Boleh sih diunduh, tapi yakin hatinya kuat? :V Yah, walau kadang gue juga sering melakukan hal ini sih, hehehe. Tapi jarang gue set jadi wallpaper. Yang ada malah semakin terluka :V

Saran gue, unduh foto behind the scene nya aja. Biar lo tau, adegan itu nggak nyata. Belum tentu yang melakukan merasakan apa yang lo-lo rasakan saat menonton adegan yang bikin melt itu ;)

Atau kadang, gue pake cara yang agak licik. Yaitu dengan nyimpen foto aktor yang mukanya lagi nggak enak. Itu bikin gue sadar, dia masih manusia, bukan malaikat. Hehee~~


5. Pada Akhirnya, Kita Sampai Ke Kesimpulan Bahwa Keseluruhan Adegan Semata-mata Hanyalah Hiburan

Mau seromantis apapun, tetep settingan :( Kenyataan memang menyakitkan

Sebesar apapun kecintaan kita pada drama Korea, bahkan mungkin itu udah jadi part of our life, drama Korea tetaplah berstatus sebagai hiburan. Hiburan bukan hal paling penting dalam hidup kan?

Saat menonton drama, pahamilah, bahwa semuanya hanyalah settingan. Semuanya tidak nyata. Semu. Lagian, cowok di drama Korea emang udah ada pembuktiannya kalau di dunia nyata juga ada cowok seperti itu? Kalaupun ada, berapa sih jumlahnya?





Tonton. Nikmati. Lupakan. Berbahagialah.








19 komentar:

  1. wah, jadi bikin pengen buat blog sendiri nih eoni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa bikin aja dong de, lumayan buat selingan :D

      Hapus
  2. Ternyata gak cuma gua yang galau bgt baper karna drama korea apa lagi sama.descandants of the sun

    BalasHapus
  3. Ternyata gak cuma gua yang galau bgt baper karna drama korea apa lagi sama.descandants of the sun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, apalagi di dunia nyata nya nikah, makin greget

      Hapus
  4. Hmmm....sama dg yg aq rasain.dh hmpir 3 minggu gk bs move on dr "my venus".smpe tk belain ngunjungin blog ini agar gk trbyng2 trus sm soo ji sob.hhhh.thanks tulisanya min

    BalasHapus
  5. Sering banget gue nyoba dgn cara nntn bts �� Pas nonton dots sampe abiss, gue baper tingkat dewa, tapi pas gue nntn behind the scene nya, hati gue kek lebih ringan gtuu ��

    BalasHapus
  6. makasiiiih sarannya...
    itu semua yg ditulis ngena banget..dari mulai download soundtracknya dots, unduh fhoto2nya double soong apalagi abang joongki dan dijadikan wallpaper juga...tp baiklah aku akan coba lihat fhoto2 behind the scene nya..
    makasiiih...ach lega rasanya mengetahui banyak diluar sana yg bernasib serupa, gagal move on heee..peace and love...

    BalasHapus
  7. haduh gagal move on gara gara drakor :'V

    BalasHapus
  8. Thankyou tulisannya. Saya baru beres marathon drakor Uncontrollably Fond dua hari lalu. Drama 4 tahun lalu, tapi ya ampunnn masa saya bapernya ini 2020 😭😭😭
    Ga tau klo endingnya begitu, huaaaa 😭😭😭

    BalasHapus
  9. Aku juga baru nonton marathon drakor Love rain 9 THN lalu tayang baru nonton 2021 masa aku gagal move-on di 2021 wkwkwk... Masa aku CLBK lagi dg cinta pertama ku Jang Geun Suk..wkwkw.. ada recommended film horor yang bagus ?? Biar aku bisa melupakan nya lagi ..hiksss hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonton save me aja wkwkkw, atau ga nonton strangers from hell

      Hapus
  10. kalo aku si caranya klo udh tamat ya nntn drakor yg lain biar ga gabut trs gamon:v

    BalasHapus
  11. Gamon bet sama my liberation notes, apalagi SM pak gu dan mi-jeong kek terharu udah nonton sampe selesai, aku malah badmood gegara gamon Ama Drakor itu❤️ feel nya kerasa walau skinless

    BalasHapus
  12. Maksudku less skinship

    BalasHapus

 

Salma Fannisha Template by Ipietoon Cute Blog Design